Jenis Batu KalimayaJenis Batu Kalimaya – Batu kalimaya merupakan salah satu batu asal Banten Indonesia yang namanya hampir tidak asing lagi di telinga para penghoby batu akik. Nama batu kalimaya banten sendiri sebenarnya adalah sebutan bagi penduduk lokal. Batu kalimaya juga merupakan salah satu batu kebanggan Indonesia, karena selain di Indonesia terdapat penambangannya,  Salah satu jenis dari batu kalimaya Banten bahkan telah dikenal sampai mancanegara karena kualitas batu dan fenomena kembangnya yang lebih terang dibanding kalimaya/opal dari negara lain yaitu batu black opal.

Pada kesempatan ini kami akan merangkum jenis batu kalimaya yang ada pada umumnya. Serta membandingkan dengan penamaan sekarang agar tidak terjadi kerancuan.

 

Jenis Batu Kalimaya

1. Batu Kalimaya Kristal

Sesuai dengan namanya, batu kalimaya kristal mempunyai badan batu seperti kristal dan bening. Sehingga batu jenis ini sering juga disebut crystall glass. Tidak jarang pada batu kalimaya kristal juga terdapat serat halus maupun akar jika anda menggosok batu sendiri dari bongkahan kalimaya. Fenomena kembang yang becampur akar tersebut juga membuat tampak seperti lukisan yang sangat menawan. Namun jenis kristal ini adalah yang paling rawan keretakan saat penggosokan (Baca Juga : Cara Menggosok Batu Kalimaya), Selain itu untuk jenis batu kalimaya kristal karena warnanya yang bening, jika melihat kembang tanpa background yang lebih gelap dari batunya membuat kembang kurang optimal.

1.1  Batu Kalimaya Semi Kristal

Batu kalimaya semi kristal ini adalah turunan dari batu kalimaya kristal, Namun tidak sebening/sejernih jenis batu kalimaya kristal. Memiliki warna yang masih sedikit bercampur dengan batu kalimaya susu. Pada saat heboh batu pertengahan tahun 2014 lalu, kalimaya semi kristal ini sering juga disebut batu kalimaya air kelapa. Mungkin untuk lebih memudahkan penyebutannya, dan warna air kelapa juga memang visualivisasi yang mirip untuk jenis ini.

2. Batu Black Opal

Black Opal, Batu yang namanya selalu heboh baik saat masih booming batu ataupun biasa seperti sekarang. Jenis Batu black opal ini yang namanya bahkan telah sampai ke mancanegara mengharumkan nama Indonesia karena kualitasnya. Batu black opal atau yang dulu juga sering dipanggil hanya dengan sebutan BO ini (Baca : Be;o) memiliki badan batu seperti jenis batu kalimaya umumnya. Namun ketika saat booming batu, Batu black opal terbagi lagi yaitu :

2.1 Batu Black Opal Solid

Batu black opal solid untuk sebutan sekarang sebenarnya adalah black opal yang dimaksudkan pada No.2 sebelum jenisnya terpecah. Memiliki badan batu kalimaya pada umumnya. Batu black opal kebanyakan tidak tembus cahaya, namun ada juga yang tembus walau hanya sedikit pada pinggiran batu dan terlihat seperti warna merah jika disenter.

2.2 Batu Black Opal Badan Abu

Untuk jenis batu black opal badan abu, seperti namanya badan batu memang sedikit berwarna keabuan namun tetap gelap jika dilihat biasa, terkadang terlihat warna hitam keabuan hanya jika disenter. Fenomena kembang dan body pada batu ini seperti kalimaya pada umumnya.

2.3 Batu Black Opal Sempur

Jauh pada saat sebelum booming batu ditanah air, jenis black opal sempur ini biasa dipanggil sempur/sepur saja. Black opal sempur merupakan fosil kayu yang berwarna hitam, ada juga yang berwarna putih dan putih kekuningan. Black opal sempur juga didapatkan dari lokasi penggalian yang sama dengan batu kalimaya, biasa disebut juga urat kalimaya oleh penambang karena biasanya untuk menemukan kalimaya akan mengikuti alur penemuan black opal sempur. Pada batu black opal sempur juga terdapat kembang kalimaya, Namun biasanya kembang pada batu kalimaya umumnya memiliki kembang statik atau bisa berubah ubah mengikuti dari sudut mana kita melihat atau pancaran cahaya yang datang tetapi pada black opal sempur kembang tidak seperti itu karena kembang diam atau satu sudut pandang.  Penamaan kembang pada batu ini juga berbeda dengan kalimaya/opal pada umumnya yang diberikan penduduk lokal seperti Kembang Ruyung/Laser, Kembang Sisik, dsb. Belakangan ini karena adanya cara merawat batu black opal sempur sehingga mudah untuk membuat jenis ini mengeluarkan kembang, membuat batu ini naik daun dalam waktu singkat. Jadi menurut pandangan kami sebenarnya sah saja jika sempur dipanggil black opal sempur, selain itu juga terdapat kandungan opal pada sempur jika menurut hasil lab batu. Tapi alangkah baiknya jika penyebutan batu black opal sekarang lebih diperinci agar tidak terjadi kerancuan antara solid dan sempur.

3. Batu Kalimaya Kopi

Batu kalimaya kopi seperti namanya karena memang warnanya seperti kopi, Batu tembus jika disenter sehingga terkadang ada yang menyebutnya dengan batu kalimaya kopi kristal. Tidak jarang pada jenis batu kalimaya kopi juga ditemukan akar maupun serat halus. Namun dengan warna yang gelap kembang pada jenis batu kalimaya ini mudah terlihat. Pada jaman dulu di Banten orang orang tua memanggilnya dengan nama teh kolot atau teh tua karena tingkat kegelapan warna kalimaya kopi juga berbeda beda. Untuk warna batu kalimaya kopi yang tidak terlalu pekat bisa saja mendekati warna batu kalimaya teh yang tua.

4. Batu Kalimaya Teh

Warna pada batu kalimaya teh memang hampir mirip dengan warna teh, sehingga disebut batu kalimaya teh. Hampir sama dengan jenis yang lain pada kalimaya teh juga terkadang terdapat akar dan serat. Tingkat kegelapan pada warna batu kalimaya teh juga sering disebut jenis teh tua, teh muda dan teh. Sehingga untuk warna teh yang muda dan bersih membuat jenis batu kalimaya teh ada turunan penamaan seperti 4.1

4.1 Batu Kalimaya Bensin

Jenis batu kalimaya bensin ini memang adalah warna teh muda dan kristal sehingga warnanya kekuningan memang mirip seperti bensin, Namun pada saat ini jenis batu kalimaya bensin agak susah didapatkan.

5. Batu Kalimaya Susu

Sesuai namanya batu kalimaya susu karena berwarna putih seperti susu. Jenis ini paling mudah ditemukan dipasaran. Untuk warna batu kalimaya susu yang bercampur kristal lebih banyak, biasa disebut semi kristal atau air kelapa seperti bag. 1.1

6. Batu Kalimaya Bunglon

Batu kalimaya bunglon sebenarnya bukan merupakan jenis tersendiri, Batu kalimaya bunglon ini disebut bunglon karena batu bisa berubah warna jika dalam keadaan kering maupun basah. Sifat bunglon bisa saja terdapat pada semua jenis batu kalimaya yang ada.

Dari jenis batu kalimaya yang telah kami rangkum, kami harap dapat menjadi acuan agar tidak adanya kerancuan pemahaman. Kerancuan pemahaman dapat membuat image pada batu juga rusak, sedangkan tidak mudah untuk kembali meluruskan nama batu yang sudah tertanam pada pikiran seseorang.