Jenis Batu Akik – Setelah sempat menurunnya permintaan batu akik sekitar pertengahan tahun 2015, namun banyak para penjual batu kembali merasakan peningkatan penjualan ketika awal tahun 2016 tidak seperti kabar kabar yang memberitakan masa batu akik akan segera berakhir. Mungkin benar untuk saat ini untuk beberapa jenis batu memang menjadi menurun pamornya bahkan menurun jauh peminatnya. Faktanya, ternyata permintaan akan batu akik kini meningkat kembali. Hal ini tentu saja disebabkan oleh berbagai macam faktor. Bukan hanya dari pihak penjual dan konsumen saja, namun bisa juga dari keadaan dan situasi lingkungan sekitar pun mempengaruhi tingkat ketertarikan akan batu akik. Sebelum membahas jenis batu akik yang masih banyak dicari Kita akan coba flashback sedikit untuk mengamati kenapa fenomena boomingnya batu sempat menurun agar bisa menjadi panduan bagi anda dalam memilih batu ke depannya.

jenis batu akik

Jenis Batu Akik

Menurut pandangan kami ada beberapa poin yang menjadi pengaruh menurunnya minat terhadap batu. Salah satunya adalah jenis batu akik yang hanya itu-itu saja. Sebenarnya, batu akik sendiri memiliki banyak sekali jenis yang bisa kita koleksi. Namun, beberapa pedagang dan peminat dari batu akik kurang ingin mengulik tentang keanekaragaman tersebut. Hal ini mengakibatkan hanya beberapa jenis batu akik saja yang semakin populer, namun jenis batu akik lainnya yang masih belum terdeteksi tidak bisa mengikuti kepopuleran batu akik sebelum-sebelumnya. Pada akhirnya, pecinta batu akik pun merasa bosan akan terbatasnya jenis dari batu akik tersebut.

A. Beralihnya pembeli menjadi penjual
Memang hampir semua orang bisa memiliki usaha dengan menjual batu apalagi sudah bisa gosok poles sendiri. Bongkahan batu juga sangat mudah didapatkan waktu itu. Dimulai dari hobi sehingga koleksi menumpuk juga bisa saja membuat pembeli menjadi penjual. Dengan semakin banyaknya penjual, tentu saja batu akik akan lebih banyak berada di pihak penjual dari pada di pihak pecinta batu akik. Terlebih lagi, kini penjual batu akik banyak yang menawarkan harga dengan sembarangan, atau tidak sesuai dengan harga pasaran. Apabila harga terlalu murah, hal ini akan mengurangi tingkat keeksklusifan dari batu akik tersebut. Di sisi lain, apabila batu akik dijual terlalu mahal, hal ini pun membuat terbatasnya golongan-golongan pecinta batu akik yang bisa membeli batu-batu tersebut.

B. Jenis batu baru tanpa image yang kuat serta terbagi banyak penamaan
Apa anda juga masih ingat tahun kemarin sangat banyak muncul jenis batu baru dan untuk beberapa jenis mendapat lebih dari dua nama. Bahkan diawal munculnya harga dipatok sangat tinggi. Padahal untuk batu baru bahkan belum mendapat image yang kuat dan mungkin tidak semua orang tau batu apa. Sangat berbeda jika ketika mendengar nama batu blue safir anda bahkan akan membentuk image sendiri untuk batu tersebut. Dalam kasus ini, para pecinta dari batu akik terlalu ‘latah’ dalam membeli batu akik. Sebenarnya, batu akik yang bisa dibilang bagus adalah batu akik yang sudah memiliki image dan keunikan tersendiri. Terlalu banyaknya kehadiran jenis dari batu akik bisa menurunkan kualitas dari setiap jenisnya. Tentu saja, dalam proses perdagangan ada sebuah cara yang efektif, salah satunya adalah dengan mengeluarkan barang secara berkala dan membuat setiap barangnya mempunyai image dan kualitas yang sama bagusnya dengan barang-barang sebelumnya. Seharusnya, hal ini bisa diterapkan dalam kemunculan batu akik, terutama di Indonesia.

C. Kerancuan nama
Kerancuan dalam penamaan batu juga dapat menjadi penyebab turunnya minat terhadap batu tersebut. Contohnya seperti jenis sempur dan black opal, Nama black opal memang sudah tidak asing ditelinga bahkan sebelum boomingnya batu. Namun saat ini jenis sempur juga disebut black opal, Jika tidak ada penjelasan dari penjual misalnya, Sedangkan pembeli menginginkan jenis black opal yang mereka dengar dari dulu namun karena sekarang jenis sempur pun disebut black opal pembeli akan memilih black opal sempur karena selain dianggap serupa dan harga lebih murah karena ketidakpahaman pembeli. Kemudian apa yang terjadi? kekecewaan. Kekecewaan terhadap black opal tanpa tau yang sebenarnya dibeli adalah jenis sempur. Kecuali mendapat sempur dengan kembang yang oke seperti kembang ruyung dan sisik. Hal ini tentu saja bisa merugikan pihak pembeli dari batu akik tersebut. Ketidak tahuan akan jenis batu akik dengan benar bisa membuat para pembeli dengan mudahnya tertipu. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk pihak pembeli dan pengoleksi batu akik melakukan sedikit penelitian tentang batu akik yang mereka minati. Jangan sampai batu yang anda sukai adalah bukan batu yang anda beli. Selain bisa menimbulkan kekecewaan pada pembelinya, hal ini pun bisa menyebabkan kehilangan selera dalam pengoleksian batu akik.

D. Pembuat batu sintetis
Memang sudah tidak heran ketika ada batu yang populer akan selalu ada saja batu sintetisnya. Jujur atau tidak jujur pasti ada saja yang menyalahgunakannya sehingga membuat kepercayaan konsumen menurun untuk membeli jenis batu yang dibuat sintetisnya tersebut. Terutama di Indonesia, oknum-oknum tidak bertanggung jawab seperti ini memang selalu ada. Hal-hal yang mereka lakukan hanya berasaskan uang saja tanpa mengerti perasaan dari pihak konsumen yang tertipu. Penipu-penipu seperti ini lah yang membuat minat akan batu akik semakin sini semakin menurun. Pembuatan dengan batu sintetis, selain caranya yang sangat mudah untuk dibuat menyerupai batu akik asli, keuntungan yang didapatkannya pun pasti sangatlah besar. Untuk beberapa pecinta dari batu akik yang sudah pernah tertipu dengan adanya batu sintetis ini, tentu saja mereka akan langsung kehilangan minat mereka akan batu akik. Terlebih lagi bagi mereka yang tertipu dalam hitungan uang dengan jumlah yang sangat besar.

E. Marak penipuan Jual Beli Batu Online
Untuk poin yang ini juga tidak asing, Hampir disetiap berbagai bidang usaha selalu ada saja penipuan. Namun dalam perbatuan kami rasa sedikit lebih banyak yang tertipu dari bidang usaha lain, Selain banyak pengguna internet baru yang jadi tertarik membeli karena suka akan batu yang ditawarkan sehingga belum terlalu paham kejahatan di dunia maya. Ini juga membuat menurunnya kepercayaan konsumen, Tidak hanya konsumen bahkan penjual. Karena hanya pada batu juga seorang seller berani mengirimkan barang dulu kepada pembeli walaupun belum menerima pembayaran dan ternyata malah pembeli yang tidak membayar.

Namun dibalik itu semua, Batu merupakan produk hobi. Untuk batu tertentu mungkin akan mendapatkan penghobi khusus bahkan terbentuk komunitas. Beberapa komunitas yang benar-benar sudah terlanjur mencintai batu akik, mereka akan sabar setia dalam proses pengoleksiannya. Dengan maraknya penipuan, mereka banyak belajar dengan lebih mendalami tentang jenis-jenis batu akik. Dengan begitu, mereka akan tahu pasti batu akik mana yang benar-benar asli dan batu akik mana yang buatan atau sintetis. Oleh karena itu kami disini akan memberikan rangkuman kepada anda jenis batu akik yang masih dicari sampai saat ini

1. Batu Akik kalimaya
Batu yang terkenal dengan kembang jarongnya ini memang telah lama ada jauh disaat batu batu lain bermunculan, Pada kisaran tahun 90an bahkan telah banyak orang luar negeri yang datang sengaja mencari batu ini. Keindahan kembang pada batu kalimaya membuat batu ini memiliki penggemar fanatik, Batu yang memiliki sebutan opal ini juga dihasilkan oleh beberapa negara lain selain Indonesia. Oleh karena itu batu ini lebih stabil posisinya dipasaran.

2. Batu Akik Bacan
Batu yang terkenal dengan warna hijau dengan corak hitam yang khas dan sering juga disebut batu yang hidup karena batu yang dapat semakin kristal seiring waktu dengan perawatan khusus, namanya melesat sangat cepat ke seluruh daerah ditanah air membuat banyak penghobi batu terpesona dengan keindahan dan keunikan batu ini. Pada saat ini dengan mulai kembalinya harga batu bacan ke kondisi normal tentu sangat dinantikan bagi yang masih penasaran dan belum sempat memiliki disaat tingginya harga batu bacan.

3. Batu Blue Safir
Batu dengan warna biru yang terlihat elegan ini mampu menarik perhatian banyak penghobi batu, Tergolong batu yang stabil harganya dan masih banyak dicari selain karena keindahannya, image yang telah melekat pada batu ini adalah batu berkelas. Selain karena keindahannya, batu yang satu ini pun terkenal akan kekhasiatannya. Dengan menggunakan batu akik Blue Safir ini, beberapa ahli batu akik mengatakan bisa membuat pemakainya menjadi lebih tentram dan juga tenang dalam beraktifitas. Hal ini pun dikaitkan dengan zat-zat yang terdapat di dalam batu tersebut yang konon bisa mengalir ke aliran darah dan membuat aliran darah menjadi lancar. Hal ini lah yang menyebabkan batu Blue Safir ini bisa membuat penggunanya menjadi lebih tenang dan juga damai. Beberapa fakta lainnya pun mengatakan bahwa batu dengan jenis Blue Safir ini bisa menjadi sebuah obat bagi orang yang sedang sakit hati. Konon, pengguna batu akik jenis ini akan terobati lebih cepat disaat mereka mengalami rasa sakit hati.

4. Batu Blue topaz
Batu yang juga memiliki warna biru namun sangat jernih membuat batu ini tetap dicari dan banyak peminatnya. Karena sangat banyak permintaan akan batu dengan jenis Blue Topaz ini, kini mulai banyak oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang membuat tiruannya dan dijual dengan harga lebih murah. Oleh karena itu, sebelum anda benar-benar membeli batu Blue Topaz ini, anda harus mau merelakan waktu anda sebentar untuk mengecek keaslian dari batu tersebut. Anda bisa menggunakan kaca pembesar yang bisa memperbesar sesuatu sampai 10 kali lipat. Dengan menggunakan kaca pembesar tersebut, anda bisa melihat serat-serat pada batu tersebut yang merupakan cirri khas dari batu Blue Topaz, dan tentu saja pada batu tiruan, anda tidak akan bisa melihat serat-serat khas yang dimiliki batu Blue Topaz.

5. Batu zamrud
Batu dengan warna hijau kristal dan berserat yang tidak kalah populernya dengan blue safir dan ruby, angkatan jenis batu yang memang terkenal dengan kemewahan membuat batu ini tetap diminati dan bertahan dengan harga yang stabil dipasaran. Batu Zamrud ini pun memiliki berbagai macam jenis yang bisa anda koleksi, seperti batu Zamrud Columbia, batu Zamrud Zambia, dan batu Zamrud Nova Era. Batu zamrud ini, konon katanya adalah salah satu jenis batu akik yang paling bersejarah. Batu ini sudah digunakan sedari dulu, bahkan oleh para tokoh-tokoh terkenal pada zamannya. Batu ini pun memiliki kandungan mineral yang sangat tinggi, dan mineral tersebut lah yang membuat permukaan batu ini menjadi warna hijau menyala. Selain itu, batu Zamrud ini pun memiliki serat yang sangat unik apabila dibandingkan dengan jenis batu lainnya. Dengan segala keindahan dan kelebihannya, batu Zamrud ini termasuk sebagai salah satu jenis batu yang memiliki harga yang sangat tinggi.

6. Jenis Batu Akik Sungai Dareh
Batu dengan warna hijau dan hijau kekuningan serta warna lembut yang dimilikinya membuat batu ini banyak digemari juga oleh pada penghobi batu. Bahkan menurut kabar salah satu presiden AS Barack Obama juga sempat menggunakan batu ini. Batu sungai dareh dengan kualitas yang bagus memang tidak bisa dipandang sebelah mata bahkan disaat ini. Bahkan, katanya batu akik ini pun apabila diurus dengan benar bisa menjadi Kristal. Caranya pun sebenarnya sangatlah mudah. Anda bisa menggunakan air oksigen dan simpat ke sebuah wadah. Setelah itu masukan batu akik Sungai Dareh anda ke dalam wadah tersebut, rendam dan tutup dengan rapat sekitar satu minggu. Setelah itu jemur sampai batu tersebut kering. Lalu lakukan lagi tahap awal secara berulang-ulang. Dengan melakukan cara-cara tersebut, secara perlahan perubahan pada permukaan batu akik Sungai Dareh tersebut akan semakin terlihat mengkristal.

7. Batu Ruby
Batu yang terkenal dengan keindahan ster/bias cahaya yang membentuk seperti bintang pada jenis ini membuat jenis pemata ini sangat diminati para kolektor perbatuan, dengan warna seperti merah darah, merah muda, kuning dan abu-abu. untuk harga nya akan mengikuti dari kualitas batu tersebut, harga tertinggi akan ditemukan dari segi ketajaman ster dan kebersihan batu ruby tersebut. Adapun fakta lainnya bahwa batu Ruby ini bisa berbeda-beda jenisnya berdasarkan dimana batu tersebut ditemukan. Adapun beberapa daerah yang pernah terbukti akan adanya batu Ruby adalah pada daerah Myanmar, Thailand, Sri Lanka, Madagaskar, dan juga Tanzania. Selain itu, ada pula ciri-ciri khas yang hanya dimiliki batu dengan jenis Ruby ini adalah rasa dingin yang anda dapatkan apabila batu tersebut anda tempelkan ke permukaan kulit. Dengan terbuktinya rasa dingin tersebut, anda tidak perlu khawatir lagi akan batu imitasi atau batu sintetis. Menurut para ahli, salah satu ciri utama untuk mengecek keaslian dari batu Ruby adalah dengan melakukan hal tersebut.

8. Jenis Batu Akik Pancawarna/Batu Gambar
Batu pancawarna memang memiliki keunikan tersendiri serta beragam warna membuat hasil gosokan batu yang satu dengan lainnya berbeda walaupun dari bahan yang sama. Disaat bermunculan jenis batu baru, batu pancawarna tetap tidak tersisihkan, jika sedang beruntung gosokan dari bongkahan tidak jarang terdapat corak seperti gambar. Sampai saat ini batu pancawarna dengan corak gambar yang memukau masih ditaksir dengan harga yang fantastis, Namun anda tetap harus berhati-hati jika memiliki batu pancawarna yang memiliki corak gambar jelas karena para kolektor perbatuan tidak segan merayu anda dengan nominal yang membuat anda tidak berpikir panjang untuk melepas koleksi anda yang sangat langkah tersebut.

Demikian info update terbaru dari kami.

Maju terus perbatuan Indonesia

Baca Juga : Batu Pandan Betawi Beserta Keragamannya