cara merawat batu kalimayaCara Merawat Batu Kalimaya – Mungkin banyak diantara pecinta batu kalimaya yang mencari cara merawat batu kalimayanya. Dari cara yang biasa maupun tidak biasa namun tujuannya yaitu untuk mempercepat naiknya kembang pada badan batu kalimaya tersebut. Untuk itu Brother Gemstones mau berbagi sedikit info bagaimana cara merawat batu kalimaya.

Banyak orang berkata bahwa batu kalimaya banten khususnya, dan mempunyai kembang tedeng (kembang yang masih harus dilihat menggunakan senter) atau yang belum mempunyai kembang sama sekali karena batu yang masih muda sehingga kembang pada batu belum naik ke atas.

 

Cara Merawat Batu Kalimaya

Dari pengalaman kami sendiri, pernah melihat salah satu batu kami yang tadinya polos sama sekali tidak ada kembang tiba – tiba menjadi jarong, padahal tanpa adanya perawatan. Oleh karena itu sebenarnya untuk kembang kalimaya tidak bisa kita tebak berapa lama waktunya maupun akan jadi keluar kembang atau tidak. Namun kami juga pernah mengamati untuk batu black opal baik yang berbadan abu atau solid muncul kembangnya tergolong cepat. Seiiring pemakaian kembangnya jadi bertambah sendiri, atau jika tidak dipakai bisa direndam dengan air.

Berikut ini adalah rangkuman beberapa cairan yang biasa dipakai untuk treatment  atau merawat batu kalimaya. Namun percobaan ini hanya pernah dicoba pada batu kalimaya banten. Tips ini tidak akan cocok untuk batu kalimaya luar lainnya seperti Batu kalimaya afrika, kalimaya australia, kalimaya brazil, kalimaya ethiopia, kalimaya mexico, kalimaya virgin valley usa, kalimaya nodule, dll sebagainya.

Dari percobaan kami sendiri kami menggunakan berbagai cairan seperti :

Minyak kelapa

Minyak zaitun

Minyak angin freshc*ar*.

Air Hujan.

Air Oxygen.

Air Biasa.

Balsem.

Air Teh. Untuk batu kalimaya bunglon sangat tidak direkomendasikan ya karena nanti warna batu jadi mengikuti warna teh.

Dari beberapa cairan tersebut, jika anda ingin mencoba cukup merendam batu kalimaya anda pada cairan yang kami sebutkan diatas. Dari percobaan kami semua batu dengan menggunakan cairan diatas baik – baik saja walaupun kita tahu perawatan yang terlalu ekstrim bisa menyebabkan keretakan pada batu kalimaya.

Namun karena struktur batu yang berbeda beda tidak ada jaminan keamanan untuk semua batu. Do with your own risk. Jika anda mau bermain aman cukup menggunakan air bersih, air hujan, air oxygen, air teh atau minyak.

Nah sementara itu dulu aja share dari brother gemstones..

Mungkin ada tambahan dari kalimaya lovers dan sepuh perbatuan lainnya silahkan comment..

Anda juga bisa membaca tentang cara merawat batu black opal sempur