Cara merawat batu bacan doko. Siapa yang yang belum pernah mendengar nama batu bacan doko? Dikalangan para pecinta batu mungkin nama batu bacan sudah tidak asing lagi. Batu yang dikenal dengan ciri khas berwarna hijau dan corak warna hitam yang berasal dari pulau bacan di maluku utara ini sudah terdengar dari tahun 2010’an. Namun pada tahun 2014 namanya semakin melejit di kalangan pecinta batu lantaran harganya melambung tinggi. Sampai saat ini harga batu bacan kristal masih tergolong cukup tinggi.

Lalu bagaimana dengan bacan muda yang masih banyak kapur atau baru tembus cahaya sedikit saja? Untuk batu bacan yang tergolong masih muda karena terdapat banyak kapur harganya tidak bisa disamakan dengan batu bacan yang sudah kristal. Oleh karena itu banyak para pecinta batu bacan melakukan treatment/perawatan untuk batu bacan agar lebih cepat kristal. Selain masalah harga, batu bacan yang telah mengkristal sungguh terlihat sangat luar biasa keindahannya.

Sangat mudah untuk menemukan cara merawat batu bacan agar cepat kristal, baik itu batu bacan doko atau batu bacan palamea bahkan sampai bongkahan batu bacan yang telah di share oleh teman – teman kita di internet. Baik itu perawatan dengan menggunakan minyak dan perawatan dengan cairan kimia lainnya. Tujuannya yaitu untuk mempercepat pengangkatan kapur batu bacan dan menghilangkan corak hitam yang menjadi khas pada batu bacan.

Berikut kami rangkum cara merawat batu bacan doko agar cepat kristal yang mungkin bisa anda coba

Sebaiknya batu yang akan di treatment masih berbentuk pola sehingga pori – pori batu masih terbuka, atau masih berbentuk bongkahan.

1.Merawat batu bacan menggunakan air jeruk dan air kelapa

Anda bisa menggunakan air jeruk yang dicampur dengan air kelapa untuk membantu mengangkat kapur pada batu bacan anda, sebaiknya gunakan perbandingan 1: 10 untuk air jeruk dan air kelapa.

Jika kapur terangkat gosok batu dengan amplas halus secara perlahan. Jika masih kurang puas dengan hasilnya rendam lagi. Lalu ulangi langkah yang sama.

Mau lebih terlihat hasilnya dalam waktu cepat? jemur juga batu dipagi hari bersama air rendaman.

2.Menggunakan dingin dan panas.

Dengan cara perawatan ini anda memerlukan toples untuk menempatkan batu bacan anda. Boleh dalam keadaan toples tertutup dan terbuka. Bisa untuk batu yang sudah digosok halus, berbentuk pola atau bongkahan. Namun untuk bongkahan batu bacan muda lebih bagus.

Rendam batu bacan anda dengan air, tidak usah terlalu penuh. Asal menutupi badan batu +/- 2 cm dari batu

Ketika pagi hari jemur batu bacan dibawah sinar matahari. Jika terkena matahari full 2 jam cukup.

Setelah diangkat biarkan sampai suhu air kembali netral. Setelah netral baru dimasukkan ke kulkas sampai ketemu pagi lagi, tapi jangan di freezer ya :) . Lalu ulangi lagi sampai dirasa cukup.

Tentu dari semua proses perawatan batu selalu memerlukan waktu yang tidak singkat untuk mendapat hasil terbaik. Biasanya batu bacan doko yang masih berbentuk pola dan bahan, dalam waktu sekitar 3 bulan sudah bisa terlihat hasil treatment nya, karena pori pori batunya masih terbuka sehingga mudah untuk meresap.

Untuk penggunaan cairan kimia sendiri kita belum coba bro..mungkin bisa googling mengenai pengalaman sepuh perbatuan bacan.

Waspada juga treatment dengan menggunakan minyak.

Saat pengetesan kami batu dalam kondisi pola kasar, setelah 3 bulan lebih kami menanti ternyata minyak meresap ke dalam batu. Bukan mengkristalkan malah membuat warna batu menjadi jelek sehingga membuat batu jadi tidak menarik untuk dilihat. Batu juga menjadi kekuningan karena mengandung minyak, dan terus menerus mengeluarkan minyak. Bukan menaikkan harga batu bacan malah membuat jadi tidak berarti. 😀

Jadi jika ingin melakukan treatment batu bacan dengan minyak sebaiknya rendam perhari, angkat lalu poles dengan alumunium foil yang terdapat pada bungkus rokok atau dengan kulit poles. Jangan dibiarkan lama terendam.

 

Bisa kita simpulkan batu bacan yang bagus memang dari bahan yang bagus juga. Namun dalam pemilihan bongkahan batu bacan harus berhati – hati. Apalagi dalam kondisi bahan batu bacan yang basah, karena batu ini hampir semuanya terlihat sama bagus jika dilihat. Oleh karena itu jika anda membeli bahan bacan secara online lebih baik melalui seller yang sudah terpercaya. Atau jika anda membeli bacan secara langsung lebih baik membawa orang yang sudah berpengalaman dengan bahan bacan sebelumnya.

Namun yang bisa kita lihat sendiri dari bongkahan batu bacan yang berkualitas baik adalah

1.Berat

Bongkahan batu bacan yang bagus biasanya lebih berat karena bongkahan tersebut padat. Bahan yang padat tidak muda hancur ketika digosok, maka jika ada bahan yang bisa menjadi perbandingan, coba bandingkan satu dengan yang lain. Jika perlu pakai timbangan.

2.Warna

Warna pada bahan bacan biasanya yang paling sering membuat kita terkecoh. Banyak orang yang langsung tertarik dengan warna bacan yang hijaunya cerah, apalagi baru diangkat dari air kemudian disenter dan batu tembus. Namun tidak demikian, bahan yang bagus biasanya memiliki warna yang sedikit lebih gelap walaupun sama sama hijau. dan jika banyak warna hitamnya bahan tersebut bisa menjadi pilihan. Karena bongkahan bacan hitam juga lebih padat, selain itu warna hitam pada bacan bisa berubah menjadi hijau. Dan untuk yang ingin membeli bahan bacan sebaiknya jika bacan terendam di air maka coba keluarkan dulu lalu tunggu sampai kering. Jangan lupa juga untuk membawa peralatan andalan para pecinta batu yaitu senter. Gunakan senter tidak hanya untuk melihat translucent batu namun perhatikan juga apakah ada crack pada pinggir batu atau bahkan ditengah. Karena anda pasti tidak mau bahan yang hanya mulus diluarnya saja.

Semoga artikel Cara merawat batu bacan doko yang kami sampaikan ini dapat bermanfaat untuk kita semua.

Jadi selamat bereksperimen dengan bacannya bro..

Punya pengalaman dengan treatment bacan?

Janga lupa share dikolom komentar ya..

 

Thank’s for visiting us

Regard’s

Brother Gemstones