batu pandanBatu Pandan – adalah salah satu jenis batu akik yang terbilang sangat direkomendasikan untuk kalian para pecinta batu akik. Batu akik pandan ini adalah salah satu jenis batu mulia yang sangat mudah untuk dirawat namun memiliki beberapa khasiat yang terbilang sangat manjur untuk penggunanya. Salah satu khasiatnya adalah sebagai pegumpul energi cahaya ke dalam serat di dalam batu tersebut. Di dalam batu akik pandan terdapat sebuah serat yang membuat batu ini akan menjadi lebih indah untuk dilihat dan berbeda dari jenis-jenis batu lainnya. Serat yang dimiliki oleh batu pandan ini terbilang sangat langka karena bentuknya yang sangat unik. Batu jenis ini merupakan salah satu batu yang bisa ditemukan di daerah Jakarta. Oleh karena itu, batu pandan ini merupakan salah satu batu yang dikenal dengan sebutan batu betawi.

Batu Pandan

Berbicara masalah harga, sebetulnya setiap batu tidak memiliki perbedaan harga yang sangat signifikan, namun pada batu jenis pandan ini permukaan teksturnya yang sedikit lebih keras membuat batu ini berharga sedikit lebih mahal dari jenis-jenis batu lainnya. Selain itu, karena serat yang dimiliki batu akik pandan ini terbilang indah, apabila batu ini di bentuk yang lebih kecil dan lebih berbentuk, bisa jadi harga dari batu pandan ini akan melonjak dengan sangat tinggi, bahkan bisa sampai dua kali lipat dari harga standar batu akik mulia.

Jenis batu pandan itu sendiri sebenarnya memiliki berbagai macam warna, namun pada perbedaan warna tersebut tidak ada perbedaan yang sifgnifikan satu sama lain. Perbedaan warna ini hanya sebagai nilai seni saja yang membuat batu pandan ini menjadi lebih indah untuk dipandang mata. Namun, dibalik itu semua, batu pandan ini diketahui memiliki khasiat yang sangat manjur, baik itu untuk kesehatan dalam maupun kesehatan luar. Hal ini disebabkan serat yang terdapat pada batu akik pandan yang diketahui bisa menyerap sinar cahaya dari matahari, bisa menghilangkan atau mengeluarkan zat-zat dan juga sisi negatif dari tubuh penggunanya. Hal ini konon digunakan oleh para pecinta batu akik yang ingin merubah hidupnya ke jalan yang lebih baik, atau dengan kata lain batu jenis pandan ini bisa menghilangkan sisi-sisi negatif dari para penggunanya.

Selain diketahui bisa menghilangkan hawa-hawa negatif, batu jenis pandan itu sendiri pun bisa mengoptimalkan hawa positif yang berada pada penggunanya. Hal ini berarti pengguna dari batu akik jenis pandan bisa terlihat lebih dari biasanya, baik itu dari segi aura, secara fisik atau bahkan dari segi kesehatan sekali pun. Hal ini lah yang membuat jenis batu pandan ini menjadi sangat terkenal dikalangan para pecinta batu akik.

Seperti yang kita ketahui bahwa batu akik bukan hanya untuk digunakan saja sebagai salah satu aksesoris pada tangan anda. Batu akik pun mulai digunakan sebagai media bisnis untuk jual beli, dan tentu saja batu akik yang memiliki warna lebih tua karena perawatan yang baik akan diberi harga yang jauh lebih mahal dari harga semula. Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh pemilik dari batu ini adalah dengan menjemur batu tersebut. Dengan menjemur batu tersebut, konon katanya serat yang dimiliki oleh batu akik pandan ini akan menyerap lebih banyak sinar matahari yang berakibat pada pada perubahan warna pada batu tesrebut. Dengan berubahnya warna batu menjadi lebih tua, tentu juga hal ini berpengaruh pada perubahan harga jual dari batu akik tersebut. Waktu yang paling tepat untuk menjemur batu akik tersebut adalah pada pagi hari dimana panas matahari belum terlalu panas dan waktu penjemurannya berkisar sekitar 45 menit sampai satu jam saja.

Selain cara diatas, cara merawat batu akik pandan lainnya adalah dengan merendamnya di air selama kurang lebih satu jam. Dalam proses perendaman batu, air yang digunakan bukanlah air biasa, melainkan menggunakan air kelapa. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kecantikan warna pada batu tersebut agar tidak pudar karena satu hal dan lainnya.

Cara selanjutnya adalah tentu saja dengan menggosok batu secara halus dan perlahan. Gunakan kain halus yang benar-benar bersih, dan gosokan kain tersebut ke permukaan dari batu. Hal ini bertujuan untuk membuat batu tetap bersih dan menstabilkan warna yang sudah terbentuk pada batu tersebut.

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk merawat jenis batu ini adalah dengan menggunakannya sesering mungkin. Tentu saja apabila sebuah barang hanya disimpan saja tanpa digunakan akan terjadi kemungkinan rusak ataupun berkarat. Dengan seringnya digunakan, batu ini akan lebih terjaga dan terhindar dari kerusakan ataupun karat pada permukaannya. Keempat cara tersebut adalah cara yang paling mudah yang bisa anda lakukan dalam proses merawat batu akik jenis pandan menjadi jauh lebih indah dan membuat harga jual menjadi jauh lebih tinggi.

Adapun batu akik pandan itu sendiri sebenarnya memiliki beberapa jenis yang berbeda. Jenis dari batu ini dibedakan berdasarkan bentuk serat di dalamnya, warna pada permukaannya dan juga khasiat yang diinginkan oleh penggunanya.

Jenis batu akik pandan yang pertama adalah batu pandan nanas. Batu akik pandan nanas ini adalah batu pandan yang memiliki warna dasar kuning kemerah-merahan. Warna kuning yang pekat ini bisa berubah menjadi merah mencolok apabila dirawat dengan benar dan juga hati-hati. Dengan perawatan yang benar, batu akik pandan nanas ini bisa menjadi salah salah satu jenis pandan yang paling unik dibandingkan jenis batu akik lainnya.

Jenis batu akik pandan yang selanjutnya adalah batu akik pandan merah. Hampir sama dengan jenis batu akik pandan sebelumnya, batu akik pandan merah ini berbeda pada campuran warnanya. Adapun warna dasarnya adalah campuran dari warna kuning dan merah yang lebih condong ke warna gelap. Jenis batu akik pandan ini seolah-olah hidup karena semakin panjang umurnya warnanya pun akan berubah menjadi merah gelap secara keseluruhan dan otomatis. Tidak perlu perawatan khusus, batu akin pandan merah ini terbilang jenis yang special karena bisa berubah tanpa harus dirawat secara berlebihan.

Jenis yang terakhir adalah batu akik pandan oli. Disebut dengan nama oli karena hasil akhir dari perawatan jenis batu akik pandan ini akan mengeluarkan warna hitam bercampur putih seperti halnya warna pada oli. Warna dasarnya tidak begitu jelas atau lebih condong ke warna abu-abu. Dengan perawatan khusus yang lumayan memakan waktu dan juga pemeliharaan yang harus dilakukan secara hati-hati, perubahan warna pada jenis batu pandan ini akan terjadi secara perlahan-lahan. Perubahan pada warna akhirnya adalah warna campuran hitam dan putih seperti oli dan itu lah sebabnya mengapa jenis batu ini diberi nama batu pandan oli.

Baca Juga : Jenis Batu Akik Yang Masih Banyak Dicari